Rabu, 07 Januari 2015

Tips & Trik Jamur Tiram Crispy

Terlepas dari sering langkanya jamur tiram di pasar ataupun mahalnya jamur tiram di pasar swalayan, jamur tiram tetap jadi jamur yang enak banget buat dimasak dan dijadiin jamur crispy.

Nah, postingan kali ini kita mau share dua cara memasak jamur tiram crispy. Bisa coba dan ikutin cara masak yang mana aja sesuai selera.

Tips sebelum mulai memasak: Selalu cuci bersih jamur tiram yang akan diolah. Pisahkan bagian payung jamur dengan batangnya. Kalau lembaran jamur tiramnya terlalu besar bisa dirobek lagi aja supaya tidak terlalu besar. Setelah dicuci bersih, jangan lupa untuk memeras kelebihan air di jamur. Step ini penting banget kalau kita bener-bener pengen bikin jamur yang renyah banget.

Jamur Krispi Telur

Resep yang satu ini cocok untuk yang suka tekstur jamur yang renyah di luar tapi masih lembut di dalam dan daging jamurnya masih berisi. Jamur bisa diperas dulu kalau tidak mau kelebihan air.

Bahan:

  • Jamur tiram yang sudah dipotong dan dicuci bersih
  • 1 butir telur (sesuaikan aja jumlahnya dengan banyaknya jamur), kocok lepas.
  • Tepung bumbu
Cara membuat
  1. Ini cara praktis yang "ngga mau repot". Di dalam satu mangkok, campurkan jamur dengan telur. Aduk rata dengan tangan sampai seluruh jamur terlapisi telur.
  2. Siapkan tepung bumbu di mangkuk yang lain. Pindahkan jamur ke mangkuk tepung dan baluri dengan tepung bumbu. Segera goreng hingga kecoklatan dan matang.
  3. Sajikan segera.
Note: Kalau mau jamur lebih "berisi", jangan peras jamurnya. Tapi nanti telurnya akan banyak berair, jadi harus lebih cepat lagi proses membaluri tepung dan menggorengnya. Sisa telur dan tepung bisa dijadikan telur dadar.

Jamur Ekstra Crispy

Bahan:
  • jamur tiram yang sudah dipotong, dicuci bersih, dan diperas airnya hingga kering. Semakin kering semakin bagus.
  • Tepung bumbu.
Cara membuat
  1. Cukup balurkan tepung bumbu ke jamur hingga rata. Goreng hingga kecoklatan dan renyah.
  2. Sajikan.
Note: Kalau menggunakan tepung terigu biasa yang tidak berbumbu, setelah jamur matang bisa ditaburi lagi dengan bumbu kentang goreng aneka rasa.

Selamat memasak jamur krispy yah (^o^)/

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar