Sabtu, 09 November 2013

Resep Nasi Kari Jepang (Review S&B Golden Curry)

Akhirnya ketemu juga curry roux atau curry block yang biasa dipakai buat masak nasi kari Jepang. Di resep ini kita pakai S&B Golden Curry Souce Mix yang Hot. Curry block ini langsung di import dari Jepang. Fotonya bisa liat di bawah ini yah.



Buat yang nanya ini halal apa ngga? Yang jelas, tidak ada label halal dari MUI, atau mungkin belum. Tapi yang jelas bumbu tidak mengandung daging sama sekali. Biar lebih pasti ini kita kasih komposisi bahannya:

Komposisi:
Tepung Terigu, Minyak Palem, Minyak Kanola, Garam, Gula, Bubuk Kari, Rempah, Penguat Rasa ( Mononatrium Glutamat, Dinatrium Inosinat, Dinatrium Guanilat), Pengatur Keasaman Asam Malat, Pewarna Karamel.

Ingredients:
Wheat Flour, Edible Oils (Palm Oil, Canola Oil), Salt, Sugar, Curry Powder, Spices, Caramel, Monosodium Glutamate, Malic Acid, Disodium Guanylate, Disodium Inosinate.

Diproduksi oleh:
S&B FOODS INC.
18-6, Nihonbashi Kabuto-cho
Chuo-ku, Tokyo
103-0026, Japan



Kalau ngga salah Golden Curry ini ada beberapa tingkat kepedasan ada yang mild juga. Karena suka pedas jadi kita pilih yang hot. Tapi tenang aja kok, buat lidah Indonesia ngga pedes kok. Jadi yang hot aja sekalian, he3. Ada juga beberapa curry block yang lain, tapi ini nanti kita bahas di postingan lain yah kalau sudah ada uji dapurnya. He3.

Isinya dan bentuk curry block-nya seperti foto yang di bawah ini yah. Bau rempah karinya terasa (ngga pake banget) wangi. Jadi ini bumbu kari yang rasa rempahnya mild menurut kita. Cocok lah buat kita-kita yang suka kari tapi ngga terlalu tahan dengan bumbu rempah yang terlalu kuat. Pemakaiannya nanti di pecah dulu jadi 5 bagian supaya gampang larutnya. Mirip cokelat yah ^o^



Curry roux ini bisa ditemukan di supermarket besar yang jual barang-barang import. Kita menyarankan cari di tempat yang bener-bener buat belanja WNA sekalian, karena kemungkinan adanya lebih besar. Kalau ngga ketemu juga bisa juga titip beli ke kita yah. Buat yang mau titip beli curry block bisa inbox FB Page Resepdunia aja ya. :)

*UPDATE: Sudah ada yang jual online nih sekarang. Bisa pesan di link ini atau link ini. Atau search aja langsung di Tokopedia. Kalau ga salah di kaskus juga ada yang jual deh.

Buat uji dapur-nya kita pakai resep dasar dari runnyrunny999 yang udah kita posting juga di postingan Resep Nasi Kari Jepang. Tapi, kita bikin tanpa menggunakan red wine. Red wine kita ganti dengan air kaldu.

Bahan
  • 100 gram Curry Roux (kita pakai S&B Golden Curry yang Hot)
  • 150 gram daging cincang (kita pakai daging ayam, tapi silahkan pakai daging apa saja yang disukai)
  • 1 bawang bombay besar. Cincang.
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 cup air kaldu (kita pakai kaldu penyedap rasa. Bisa pakai kaldu homemade aja kalau tersedia)
  • 1 stik (10 ml) madu (kita pakai madurasa strawberry, tapi madu apa aja ngga masalah kok)
  • 400-600 ml air (3 cup seperti di resep runnyrunny999 juga boleh)
  • minyak untuk menumis
Cara Membuat
  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay dan masak hingga kecoklatan.
  2. Masukkan daging cincang, tumis sampai daging berubah warna dan matang. 
  3. Tambahkan air kaldu. Aduk, masak dengan api kecil hingga air kaldu terserap dan tersisa sedikit.
  4. Tambahkan air, aduk sedikit, besarkan api dan masak hingga mendidih.
  5. Masak di api sedang, masukkan curry block yang sudah dipecah. Aduk-aduk sampai bumbu kari lumer dan larut sempurna. Aduk dan masak terus sampai bumbu mengental. Di sini rasa-nya udah enak dan oke lho. Bisa dicicip dulu aja sebelum lanjut. Nyamm...
  6. Tambahkan madu. Aduk rata. Madu-nya sedikit aja, tapi efeknya enaaak. Di sini bisa menyesuaikan rasa, mungkin mau ditambah bubuk cabai biar lebih pedes. Atau bumbu lain sesuai selera.
  7. Sajikan
Saus kari yang sudah jadi bisa disajikan di atas nasi panas, bisa juga jadi kari cocolan bareng roti maryam atau yang sejenisnya. Saus karinya bisa untuk 4-5 porsi, masih tahan juga sampai besok harinya. Asal tidak ada bahan-bahan cepat basi seperti tomat atau santan yah. Seiring berjalannya waktu kuah jadi semakin kental.



Selamat masak \(^o^)/

Jangan lupa yah mampir ke socmed kita ^_^
FB Page: www.facebook.com/resepdunia
Twitter: twitter.com/resepdunia

Artikel Terkait



1 komentar:

  1. sempet kawathir gak halal tapi gak mengandung daging ya kurasa gak haram kali ya insya allah... ;)

    BalasHapus