Kamis, 05 Desember 2013

Resep Saus Hollandaise

Saus Hollandaise adalah saus yang terbuat dari kuning telur dan mentega cair, dibumbui dengan perasan jeruk lemon, garam, dan lada atau bisa juga cayanne pepper (semacam bubuk cabai). Biasanya saus ini disajikan dalam hidangan eggs benedict atau sebagai saus yang disajikan bersama sayuran seperti asparagus.

Saus hollandaise adalah salahsatu resep yang bahannya simpel tapi teknik memasaknya agak sulit. Perlu banyak latihan untuk membuat saus hollandaise yang sempurna. Saus hollandaise yang bagus rasanya lembut dan creamy, kaya dengan rasa mentega (mentega lho, bukan margarin. Cek postingan Mentega dan Margarin).

Teknik memasaknya pun ada beberapa. Yang paling umum adalah dengan menggunakan teknik bain marie. Teknik bain marie dikenal juga dengan istilah double boiler. Panci pertama yang terkena panas langsung dari kompor diisi air dan dipanaskan . Panci kedua diletakkan di atasnya dan kita memasak di panci kedua ini. Teknik ini biasa kita gunakan sewaktu mau melelehkan cokelat.

Teknik lain adalah dengan memasaknya langsung di atas panas. Tapi ingat kalau suhunya harus sangat dikontrol. Terlalu panas kuning telur bisa jadi telur orak arik atau terpisah. Terlalu dingin bisa-bisa emulsinya tidak terbentuk.

Nah ini ada resep dari foodwishes. Buat yang mau bikin, kita saranin banget untuk menonton videonya dulu. Teknik ini menggunakan teknik kedua yang menggunakan panas langsung.

Bahan
  • 2 butir kuning telur
  • 1 1/2 blok mentega, cairkan
  • 1/2 jeruk lemon, peras
  • cayanne pepper atau cabai bubuk
  • garam

Cara membuat
  1. Di panci, atau mangkuk stainless steel, campur kuning telur dan perasan jeruk lemon. Kocok.
  2. Nyalakan kompor dengan api kecil. Panaskan telur sambil terus dikocok. Hati-hati jangan sampai jadi terlalu panas. Kalau perlu kontrol panasnya dengan sekali-sekali mengangkatnya dari api sambil terus dikocok sampai mengental, dan mulai panas dan berasap sedikit. Angkat.
  3. Sambil terus dikocok, campur dengan mentega cair sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga tercampur rata.
  4. Bumbui dengan garam dan bubuk cabai secukupnya. Sajikan.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar