Jumat, 12 Juli 2013

Pertanyaan Seru: Risotto

pic: sxc.hu
Tampaknya risotto mulai dapet banyak perhatian dari para pembaca, he3. Jadi iseng-iseng nulis fun FAQ seputar risotto. ^o^

Tanya (T): Risotto? Apaan tuh?
Jawab (J): Makanan, ha3. Risotto termasuk salah satu Italian rice dish atau hidangan yang bahan utamanya nasi.

T: Wow, masakan Italia! Cara bikinnya sama kayak nasi Indonesia?
J: Sayangnya...ngga sama sekali. Beras langsung ditumis bersama tumisan bawang dengan olive oil atau mentega. Kemudian ditambahkan kaldu sedikit demi sedikit hingga beras masak al dente dan punya tekstur yang creamy. Mentega dan keju biasa ditambahkan lagi di akhir masakan tepat sebelum disajikan.

T: Beras langsung ditumis? apa mateng? al dente kayak di spaghetti gitu?
J: Mateng kok...walaupun bukan pulen seperti nasi yang biasa kita makan, he3. Al dente maksudnya masih menyisakan gigitan. Yaa...kalau untuk orang Indonesia yang terbiasa makan nasi pulen mungkin seperti makan beras setengah mateng. Iya, kayak spaghetti, al dente. Kita suka spaghetti kan? he3.


T: Suka sih..hmmm...tadi katanya creamy? Emang masaknya pakai cream?
J: Tidak, tekstur creamy didapatkan karena beras mengeluarkan zat pati ketika dimasak bersama kaldu. Kayak kalau kita masak nasi, di awal-awal masak kan suka keluar zat pati-nya, yang bikin air nasi jadi putih kentel. Kalau masak bubur bisa lebih keliatan sih. Di akhir proses masak ditambah mentega dan keju juga. Jadi tambah creamy.

T: ooo...berasnya boleh pakai beras apa aja kan?
J: Ngga juga sih. Berasnya agak khusus. Yang terkenal adalah beras arborio. Berasnya pendek (short grain rice) dan cendrung bulat. Beras seperti ini mudah menyerap cairan dan zat pati-nya banyak. Di Italia sana selain arborio mereka menggunakan beras jenis Baldo, Carnaroli, Maratelli, Padano, Roma, dan Vialone Nano.

T: Weew, cari dimana beras-beras kayak gitu?
J: Coba supermarket besar yang jual banyak barang import. Kalau ngga ada tanya aja sama pegawainya. Siapa tahu kapan-kapan dijual disana, hehee.

T: Bisa pakai beras Indonesia?
J: Coba aja. hehehehe. Pilih yang butiran berasnya agak bulet dan pendek.

T: Dimasaknya pakai kaldu kan? Kaldunya boleh apa aja?
J: Apa aja, suka-suka. Bisa kaldu ayam, sapi, ikan, sayuran.

T: hmmm...nasi ya? pasti ngenyangin banget nih...
J: hmmm...faktanya di Italia sana, risotto itu semacam hidangan pembuka, lebih tepatnya primo, makanan berat pertama alias first course dari 10 jenis hidangan yang disajikan secara lengkap. Tapi ya ngenyangin juga kalau dimakan banyak. Namanya juga nasi, he3.

T: Boleh pake bahan apa aja? Masa kaldu sama mentega doang?
J: Boleh pake apa aja kok. Sesuai selera. Daging, sayur, kacang polong, suka-suka aja.

T: Eh...halal ngga nih?
J: Ada beberapa resep yang menggunakan wine dalam prosesnya. Selama kita ngga pakai wine dan pakai bahan-bahan halal, insyaAllah halal.

T: Minta resepnya doong, ha3.
J: Cek Resep Risotto (Resep Dasar), Resep Butternut Squash Risotto, atau Pumpkin Risotto oleh Gordon Ramsay (Video)

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar