Kamis, 09 Februari 2012

Basil - Resep Minyak Basil


Basil atau Sweet Basil adalah nama umum dari salah satu bumbu dapur Ocimum basilicum. Basil masih satu famili dengan tanaman mint-mint-an di bawah family Lamiaceae. Aslinya, basil adalah tanaman bumbu dapur dari India tapi lebih banyak digunakan untuk masakan Italia. Basil juga banyak digunakan pada masakan Taiwan, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Ada berbagai macam jenis basil yang dikembangkan di seluruh dunia, tapi yang paling umum digunakan adalah sweet basil.

Sebagai bumbu dapur basil biasanya digunakan segar. Di tambahkan pada saat-saat terakhir memasak. Basil kering juga biasa digunakan, tapi aroma dan rasa yang dihasilkan sudah cukup banyak berkurang jika dibandingkan dengan basil segar.


Di Indonesia salah satu varian dari basil yang paling gampang ditemukan adalah daun kemangi (Lemon basil). Disajikan sebagai bumbu masakan untuk menambah aroma dan rasa atau juga dimakan mentah sebagai lalapan.

Basil segar dapat disimpan di kulkas dalam plastik tertutup atau dibekukan untuk menjaga basil tetap segar sebelum digunakan. Basil juga bisa dikeringkan atau di simpan di dalam minyak dan dibuat menjadi minyak basil atau dibuat menjadi cuka basil.

Untuk membuat minyak basil resep di bawah ini bisa menjadi salah satu acuan. Minyak basil bisa digunakan sebagai salah satu pilihan salad dressing yang wangi dan enak, dressing berbagai masakan ayam atau daging atau sebagai minyak tumis. :)

Resep Minyak Basil

Bahan:

  • 1 1/2 cup daun basil
  • 1 cup olive oil atau minyak sayur*


*pilih minyak yang memiliki aroma yang ringan

Cara Membuat:

  1. cuci daun basil dan keringkan. Tepuk-tepuk daun basil dengan kain bersih. Cacah kasar daun basil dan minyak di dalam food prosesor. 
  2. panaskan minyak di atas wajan dengan api kecil, masak hingga minyak mengeluarkan gelembung-gelembung kecil. Masak sekitar 3-4 menit. Angkat dan dinginkan.
  3. Saring menggunakan saringan halus atau kain. Remas hingga tetes minyak terakhir. Buang ampas basil yang tersisa. 
  4. Simpan dan toples tertutup rapat dan simpan di dalam lemari es. Minyak basil dapat bertahan selama kurang lebih 3 bulan.



Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar