Kamis, 16 Februari 2012

Resep Spaghetti Carbonara (Original Italia)

Resep Spaghetti Carbonara kali ini adalah resep original Italia. Resep original Italia berarti TANPA krim, dan menggunakan banyak telur TANPA dimasak di dalam wajan. Jadi yang mematangkan telurnya nanti adalah panas dari spaghettinya sendiri. Memang sih, resep ini belum tentu semua orang Indonesia suka. Tapi buat Anda yang mencari masakan otentik Italia, ini patut dicoba lho. Pendapat lainnya menyatakan bahwa resep otentik berarti menggunakan daging bacon yang berasal dari daging babi. Bagi yang tidak makan daging babi, menurut saya cukup dengan daging sapi asap/beef bacon.

Untuk Anda yang lebih suka spaghetti carbonara dengan telur matang dan cream, bisa mencoba resep Spaghetti Saus Carbonara yang sudah saya post sebelumnya. Resep ini juga dilengkapi dengan video youtube dari  yellowsaffron. Selamat memasak :)


Bahan:

  • 4 kuning telur
  • 1 telur
  • 1/2 cup keju
  • 5,5 oz (1 cup) daging bacon/ daging asap, potong kecil-kecil
  • 12 oz (340 gram) spaghetti
  • 2 sdm extra virgin olive oil
  • lada hitam secukupnya


Cara membuat

  1. masak spaghetti di air mendidih yang sudah diberi garam. 
  2. Sambil menunggu spaghetti matang, tumis daging asap dengan sedikit olive oil hingga daging crispy dan berwarna kecoklatan. Angkat, sisihkan dan biarkan mendingin sebentar.
  3. Siapkan mangkuk besar. Campur kuning telur dan 1 butir telur. kocok lepas. Tambahkan keju parut, aduk rata. Tambahkan lada secukupnya, aduk rata. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air pasta dan aduk rata.
  4. Masukkan ke dalam telur, daging asap yang sudah mendingin. Campur dan aduk rata.
  5. Setelah spaghetti matang al dente, angkat dan tiriskan. Tiriskan agak basah. Segera campur pasta ke dalam saus telur yang telah dibuat sebelumnya. Aduk rata hingga seluruh spaghetti tercampur rata dengan saus telur. Telur akan matang dengan sendirinya karena panas dari spaghetti.
  6. Sajikan segera.


Artikel Terkait



2 komentar:

  1. kalo ga ada olive oil pake apa dong ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...untuk resep original enaknya sesuai resep aja yah. He3. Biar makin mantap. :D

      Hapus