Minggu, 11 April 2010

Measuring Cups & Measuring Spoons

Sering bikin kue di rumah? hobi masak? kadang-kadang ribet ga sih memikirkan harus mengukur bahan-bahan yang nantinya harus dipakai memasak? terlebih lagi kalau yang harus dimasak itu adalah kue. pembuatan kue sudah memiliki formulanya sendiri, ukurannya harus sama tepat agar dapat menghasilkan kue yang enak dimakan. Tricky y??


Tapii...sekarang dah ga perlu repot kok, karena ada alat ukur yang praktis dan cepat. Measuring Cups & Measuring Spoons. mungkin di Indonesia sendiri masih jarang ya dipakai, tapi untuk yang senang memasak, kue khususnya, sangat disarankan punya alat-alat ini ya.

  1. Pada dasarnya, pengukur utuk bahan-bahan cair (air, susu, atau minyak) dengan bahan-bahan padat berupa bubuk (tepung) berbeda. Jadi jangan menggunakan bahan yang sama untuk mengukur bahan yang memiliki konsistensi berbeda. Meskipun volume yang dibutuhkan sama, tapi cara penggunaanya berbeda.
  2. Liquid measuring cup digunakan untuk mengukur bahan-bahan cair, seperti susu, air, minyak, atau kaldu. Isi cup hingga menyentuh batas ukur yang diinginkan. taruh di permukaan yang rata dan baca ukurannya. permukaan air berbentuk cekung, jadi, ukur di bagian cekungan yang paling bawah untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. Gelas ukur ini sudah banyak ya dijual dimana-mana jadi tidak akan terlalu sulit mencarinya.                                                                                               
  3. Gunakan measuring cup berbentuk cup sendok untuk mengukur bahan-bahan padat berupa bubuk. sendok bahan hingga memenuhi cup, lalu dengan menggunakan pisau spatula ratakan bagian atasnya (seperti kalau tukang beras meratakan liter-an itu lho, he3). Measuring Cup ini biasanya dijual satu set, dalam ukuran 1/4, 1/3, 1/2, dan 1 cup. agak sedikit susah mungkin mencarinya karena masih jarang. Tapi bisa dicari di swalayan besar. sangat berguna ketika anda mau memasak dengan resep luar negeri yang ukuran bahannya menggunakan Cup, bukan gram.                                                              




  4. Untuk bahan cair/basah yang ukuran bahannya sangat kecil -ukuran sendok teh atau sendok makan- bisa menggunakan measuring spoon. jika bahan cair, isi hingga penuh, untuk bahan padat, prinsip penggunaannya sama seperti ketika menggunakan measuring cups. pernah liat chef Farah Quinn masak? nah dia pakai measuring spoon ini, praktis. sama seperti measuring cups, measuring spoon dijual satu set, ukuan 1/4, 1/2, 1 sendok teh, dan 1 sendok makan. sepertinya di pasaran ini juga masih agak jarang.                                                                                                                             
  5. Ada lagi measuring spoon untuk bumbu. ukurannya lebih kecil lagi dibandingkan dengan measuring spoon yang biasa. Kalau di resep masakkan asing yang menggunakan bahasa inggris biasanya akan disebut dalam ukuran "dash", "pinch" atau yang lainnya.                                                               




Tips Memasak:
Saat memasak biasa, memasaklah berdasarkan resep. sedikit perubahan berdasarkan selera bisa dilakukan. Tapi, saat anda memanggang, lakukan berdasarkan formula. misalnya, ketika anda memasak sup krim, anda bisa memilih seberapa banyak garam yang akan anda pakai. Tapi jika anda akan membuat Brownies, ikuti persis seperti yang ditulis dalam resep. Perubahan dapat dilakukan kemudian setelah diketahui kekurangan resep anda.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar