Senin, 20 Februari 2012

Caviar


Caviar, kadang-kadang disebut juga sebagai black caviar, adalah salah satu makanan mewah. Caviar asli merupakan telur ikan Sturgeon yang segar yang tidak dibuahi, diberi garam sedikit. Berdasarka FAO (Food and Agriculture Organization) PBB, Caviar merupakan “produk yang dibuat dari telur ikan dari family Acipenseridae dengan pengolahan menggunakan garam makan".  Telur ikan yang digunakann adalah telur ikan yang tidak dibuahi.

Caviar lebih merujuk pada telur ikan yang didapat dari ikan family Acipenseridae, seperti ikan sturgeon. Secara tradisional, caviar merujuk pada telur ikan sturgeon yang hidup liar di laut Kaspia dan laut Hitam. Telur ikan diluar family tersebut secara umum disebut dengan Roe. Pengolahan caviar sendiri lebih kepada fresh caviar dan hanya ditambahi garam. Tapi ada juga caviar yang dipasteurisasi dan diproses.


Terdapat beberapa jenis caviar yang dibedakan berdasarkan kualitas rasa, konsistensi ukuran, dan warna. Empat jenis utama caviar adalah Beluga, Sterlet, Ossetra, dan Sevruga. Caviar Beluga adalah jenis yang paling langka dan paling mahal. Caviar Beluga disenangi karena kelembutannya dan ukuran telurnya yang besar. Tingkatan kualitas ini diikuti oleh jenis Sterlet, yang juga langka dan pernah disajikan untuk Tsar Rusia, shah Iran, dan Kaisar Austria. Diikuti oleh Ossetra/osetra dengan telur berukuran sedang dan berwarna abu-abu sampai kecoklatan. Dan terakhir diikuti oleh Caviar Sevruga yang berwarna abu-abu.

Caviar memiliki istilah malossol yang menunjukkan bahwa caviar diawetkan dengan garam dalam jumlah yang minimum. Caviar sangat mudah rusak dan harus segera didinginkan setelah dikonsumsi. Satu sendo caviar cukup untuk memasok vitamin B-12 sehari-hari bagi orang dewasa. Tapi harus diingat juga, selain harganya yang mahal, caviar juga memiliki kadar garam dan kolesterol yang tinggi. Harga caviar bisa berkisar antara $8.000-$16.000/kg atau sekitar 72juta-144juta rupiah untuk setiap kilogram-nya. Harga yang fantastis untuk sebuah makanan kan? He3. Oleh karena itu kaviar hanya disajikan dan tersedia di restoran-restoran mewah.

Di luar ikan sturgeon, ada juga caviar dari telur ikan lain yang cukup populer, seperti telur ikan salmon, trout, lumpfish, atau bahkan eggplat caviar yang terbuat dari terong ataupun Texas caviar yang terbuat dari kacang polong hitam. Tapi menurut devinisi FOA PBB, telur-telur ikan ini tidak bisa digolongkan sebagai caviar, tapi hanya dapat digolongkan sebagai pengganti caviar.

Caviar biasanya disajikan sebagai olesan dan dimakan bersama crackers, blinis, ataupun roti.
Di bawah, juga ada video Gordon Ramsay yang mengunjungi salah satu peternakan ikan sturgeon untuk dibuat caviar dan bagaimana memanen caviar.


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar