Senin, 30 April 2012

Resep Creme Brulee


Creme Brulee atau bisa disebut juga merupakan salah satu makanan penutup yang berupa krim custard yang lembut dengan atasan gula karamel yang keras. Resep ini juga disertai video di bagian bawah postingan. Silahkan tonton videonya dulu yaa biar cara masaknya lebih jelas. Video dipersembahkan Chef Keith Snow. Video diambil dari Youtube.

bahan:

  • 2 cup heavy cream
  • 1 buah vanilla segar 
  • 1 buah mangga, potong dadu kecil
  • 6 kuning telur
  • 1/3 cup gula pasir
  • gula pasir untuk taburan


pic: amazon.com kitchen blowtorch

cara membuat


  1. Masukkan heavy cream ke dalam panci.
  2. Belah memanjang buah vanilla. Ekstrak bijinya dengan menggunakan punggung pisau. Tambahkan ke dalam panci berisi heavy cream. Masukkan juga kulitnya. Aduk rata.
  3. Panaskan heavy cream dengan teknih "scald". Panaskan heavy cream pelan-pelan dan jaga jangan sampai mendidih dan masih di bawah titik mendidih.
  4. Siapkan mangkuk keramik kecil. isi mangkuk dengan potongan-potongan mangga.
  5. Di wadah lain, kocok kuning telur dengan gula pasir hingga merata dan gula larut.
  6. Angkat heavy cream dari kompor. Gunakan teknik tempering untuk mencampur telur dan heavy cream. tuang sedikit heavy cream ke dalam telur. campur rata. ulangi teknik ini sampai suhu telur sama dengan suhu heavy cream, baru setelah itu tuang seluruh heavy cream. Aduk rata.
  7. Tuang adonan ke dalam mangkuk keramik. Jangan terlalu penuh. 
  8. Panggang adonan di dalam oven bersuhu 160 derajat celcius (325 derajat fahrenheit) secara au bain marie (lihat video). Selama 30-45 menit tergantung dari suhu oven masing-masing.
  9. Creme Brulee sudah siap saat creme masih bisa digoyang tapi cukup keras dan tidak terlalu lembek.
  10. Biarkan dingin sejenak. Taburkan dengan gula pasir di atasnya hingga rata.
  11. Panggang kembali dalam oven hanya dengan api atas hingga terbentuk karamel atau gunakan kitchen blowtorch untuk membakar gula menjadi karamel.






Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar