Jumat, 26 Juli 2013

Pertanyaan Seru: Carbonara

pic: sxc.hu
Tanya (T) : Apa tuh carbonara?
Jawab (J) : Carbonara adalah nama makanan Italia yang berasal dari Latium, khususnya Roma. Hidangan yang bahan utamanya berupa telur, keju, bacon, dan black pepper (lada hitam). Pastanya biasanya spaghetti, meskipun di Indonesia kebanyakan menggunakan fettucini sebagai pastanya.

T : Oooo...fettucini carbonara yang creamy itu yah. Enak banget tuh, kok ngga ada krim di bahan utamanya?
J : Karena memang di resep original Italia sama sekali tidak menggunakan krim. Tapi pakai telur yang buanyaakkk dan keju. rasa creamy-nya datang dari telur yang tidak dimasak langsung di api dan dari keju-nya. Resep originalnya bisa cek di posting Resep Spaghetti Carbonara (Original Italia)

T : Berarti yang pakai cream ngga original dong? O_o
J : Kita menyebutnya sebagai variasi. Hehehehe. Kan lidah orang beda-beda. Resep original juga belum tentu cocok dengan kebanyakan orang Indonesia.

T : Daging yang dipakai daging apa?
J : Originalnya menggunakan bacon, tapi asalnya dari daging babi, jadi tidak halal. Bacon-nya bisa guanciale atau pancetta. Versi halal-nya bisa beef bacon atau smoked beef, atau daging lain sesuai selera.

T : Keju-nya?
J : Originalnya Pecorino Romano atau Permigiano-Reggiano. Atau pakai keju yang tersedia. Jangan takut bereksperimen :D

T : isinya dikit amat ya, boleh tambahin bahan lain?
J : Originalnya memang hanya telur, daging bacon, keju dan lada hitam. Tapi variasi apapun sesuai selera ngga masalah kayaknya. Pernah makan yang ditambah jamur dan bawang putih kok. Yummy..

T : Koleksi resepnya apa aja nih? :D
J : ada Resep Spaghetti Carbonara (Tanpa Cream) cocok buat yang ingin mencoba resep "original" tapi dengan keyakinan telurnya pasti matang, dan Spaghetti Saus Carbonara untuk yang lebih suka variasi dengan krim.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar