Rabu, 24 April 2013

Resep Buffolo Chicken Wings

Artikel kali ini khusus kali yah buat para penggemar chicken wing kayak saya, he3. Kali ini kita akan membahas Buffolo Chicken Wings. Chicken wings alias sayap ayam ini makanan khas Amerika, dan Buffolo Chicken Wings lebih khusus lagi di daerah Buffolo, New York.

Buffolo Chicken Wings disebut-sebut pertama kali hadir di Anchor Bar, sebuah tempat makan yang didirikan pertama kali pada tahun 1935. Kisah si Buffolo Chicken Wing sendiri tercipta bukan karena disengaja. Suatu hari, 4 Maret 1964, teman-teman Dominic Bellissimo, anak dari Teressa dan Frank Bellissimo, datang ke Anchor Bar beramai-ramai. Dominic meminta bantuan ibunya, Teressa, agar membuat sesuatu untuk disantap bersama teman-temannya. Pada masa itu, sayap ayam hanya dijadikan bahan untuk membuat kaldu atau dibuang begitu saja. Nah, muncullah ide dari Teressa untuk kemudian menggoreng chicken wing dan melapisinya dengan saus spesial. Sejak saat inilah kemudian Buffolo Chicken Wings tercipta.


Buffolo Chicken Wings punya cita rasa spicy karena kehadiran bubuk cabai rawit (cayenne pepper) dan saus pedas dalam resepnya. Disajikan dengan batang seledri dan blue cheese dressing atau ranch dressing sebagai saus cocolan.

Di bawah ini ada video resep dari foodwishes. Bahan-bahannya mungkin ngga semuanya ada di Indonesia tapi kita bisa sedikit berkreasi kok kalau mau.

Bahan:

  • 2/3 cup Frank's Louisiana hot sauce
  • 1/2 cup mentega (unsalted butter) 
  • 1 1/2 sdm white vinegar (cuka)
  • 1/4 sdt saus Worcestershire
  • 1/2 sdt Tabasco
  • 1/4 sdt bubuk cabai
  • 1/8 sdt bawang putih bubuk
  • garam secukupnya
Cara Membuat
  1. Goreng sayap ayam hingga matang kecoklatan, boleh juga dipanggang kalau ingin tidak terlalu berminyak. Tiriskan minyaknya dan sisihkan.
  2. Di panci, campur semua bahan-bahan lainnya. Panaskan dengan api sedang hingga mentega meleleh dan bahan teraduk rata. Begitu mulai mendidih, matikan api dan aduk-aduk sebentar.
  3. Siapkan mangkuk stainless. Masukkan sayap ayam, tuangkan sausnya. Tutup dengan piring dan kocok-kocok hingga ayam terlapisi saus secara merata. Sajikan.
  4. Kalau mau lebih kering lagi bisa dengan memanggang lagi ayamnya sekitar 10 menit di oven yang masih panas tempat sebelumnya memanggang, tapi pastikan ovennya sudah dimatikan. 
  5. Sajikan dengan potongan batang seledri dan blue cheese dressing.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar