Sabtu, 14 Agustus 2010

Brongkos VS Pecel

Sasaran Kulineran kali ini adalah Yogyakarta, selain sebagai kota pelajar, pusat budaya, Yogyakarta juga terkenal dengan berbagai makanan dan masakan yang bikin penasaran untuk dicoba.

Sebagai pembuka, mampir dulu nih di RM Handayani Yogyakarta. Pemilik warung ini adalah ibu Tri Suparmi. Warung ini sudah dirintis oleh kedua orangtuanya bapak Adiyo Utomo dan ibu Sardiyem sejak tahun 1960an, hmm..sudah lama ya..

Dahulu warung ini terkenal dengan pecel dan es campur tapenya dan bertempat di utara pasar prawirotaman. Namun seiring berjalannya waktu mulailah ibu Sardiyem membuat brongkos dan terkenal sampai sekarang. Saat ini RM Handayani terletak di dekat alun-alun selatan (alkid = alun-alun kidul). Kalau masuk dari Jl. MT Haryono, belok ke plengkung gading, nah..disebelah kiri jalan sebelum masuk ke wilayah alun-alun selatan inilah RM Handayani.

Rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung, pasti rame sekali, apalagi saat jam makan siang tiba. RM Handayani ini tidak hanya menyediakan brongkos tapi juga nasi pecel, nasi rames, nasi soto dengan lauk pauk, salah satunya ada tempe goreng tepung yang krispi dan menggugah selera banget.

Pertama kali datang ke tempat ini yang paling menggugah selera saya adalah tempe gorengnya, setelah itu nasi pecel. Hmm..selain nasi pecelnya enak, porsinya juga banyak, mantaps lah..brongkosnya juga gak ketinggalan enaknya. Eitss..jangan takut masalah harga, harganya sangat terjangkau masih dibawah 10.000.

RM ini buka dari pagi jam 06.30 sampai jam 16.30. Walau terlihat sangat sederhana dari luarnya, tapi jangan salah..warung ini banyak penggermarnya..bahkan artis ibu kota jadi langganan. Pak Bondan pun ikut "bermakyus" untuk masakan di RM Handayani. Rima melati pun jadi penggemar tempe goreng RM Handayani (sepertinya saya juga nih).
Hohoho..so, patut banget dicoba nih buat yang suka jalan-jalan di Yogyakarta.




Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar