Rabu, 29 Januari 2014

Video Pembuatan Keju Biru Stilton - Blue Stilton Cheese

pic: video
Kali ini, kita akan melihat gimana sih blue stilton cheese alias keju biru Stilton diproduksi. Keju biru sendiri ada banyak jenisnya. Nah, salah satunya adalah keju Stilton ini.

Stilton merupakan salah satu keju Inggris dan punya status khusus. Keju Stilton memiliki status Protected Designation of Origin (PDO) yang dikeluarkan oleh European Commission. Artinya, hanya keju yang diproduksi di wilayah Derbyshire, Leicestershire dan Nottinghamshire, serta memenuhi semua syarat khusus sajalah yang bisa disebut sebagai keju Stilton. Untuk bisa disebut keju biru Stilton, keju tersebut harus:
  • Dibuat hanya di tiga wilayah ini: Derbyshire, Leicestershire, dan Nottinghamshire.
  • Harus dibuat dari susu lokal yang telah dipasteurisasi.
  • Harus berbentuk silinder.
  • Harus membentuk pinggiran kejunya sendiri secara alami.
  • Tidak di-pres.
  • Harus memiliki urat kebiruan yang menyebar dari tengah keju.
Di bawah ada video pembuatan keju biru Stilton yang diproduksi di daerah Cropwell Bishop, Nottinghamshire. Starter cultures, rennet, dan kapang Penicilium roqueforti (iyaa..biru-birunya itu jamur) ditambahkan ke dalam susu yang sudah dipasteurisasi. Saat dadihnya (curd) terbentuk, cairan whey-nya kemudian dipisahkan dan dadihnya dibiarkan tersaring sendiri semalaman. Dadih kemudian dipotong kotak-kotak agar lebih mudah pengeringannya sebelum kemudian digiling dan diberi garam. Setelah itu keju dimasukkan ke dalam cetakkan silinder dan kemudian dibiarkan mengering sendiri selama 5-6 hari. Setiap hari keju dibalik. Setelah 5-6 hari, keju dikeluarkan dari cetakkannya dan langsung dihaluskan permukaannya untuk mencegah udara masuk ke dalam keju. Lalu keju disimpan di ruangan khusus yang suhu dan kelembabannya diatur dengan ketat. Setiap keju dibalik setiap harinya. Setelah 5 minggu, keju Stilton sudah membentuk kulit kejunya dan siap untuk ditusuk menggunakan mesin khusus yang menusuk-nusuk keju dengan jarum stainless steel. Proses ini dilakukan agar udara bisa masuk ke dalam keju dan mulai membentuk urat-urat kebiruan yang khas. Di usia 9 minggu, keju siap dijual. Setiap keju dites dulu dengan alat yang disebut cheese iron. Cheese iron digunakan untuk mengebor keju dan mengambil contoh kejunya sampai ke bagian dalam keju. Keju dicek secara visual apakah urat kejunya sudah terbentuk sempurna.


Tekstur keju biru Stilton mudah hancur, atau biasa kita sebut crumbly, termasuk semi-soft cheese dan rasanya semakin creamy seiring berjalannya waktu. Bau dan rasanya kuat banget. Stilton bisa digunakan untuk aneka masakan atau dinikmati bersama wine.


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar