Kamis, 31 Oktober 2013

Resep Marshmallow

pic: video
Siapa yang tidak suka marshmallow? Cemilan manis dan lembut yang masuk kategori permen ini begitu menggoda dan meleleh di lidah. Nah, sebenernya sih kita lebih (dan sangat) menyarankan untuk beli jadi saja kalau mau menikmati marshmallow. Tapi, buat yang ingin bereksperimen dan bikin mashmellow yang lebih personal, buat kado gitu misalnya, bisa bikin sendiri di rumah dan intip resep dari joyofbaking ini. Sangat disarankan untuk mengikuti resepnya sama persis, sampai ke alat-alatnya dan yang pasti takarannya. Kita juga menyarankan untuk menggunakan mixer stainless steel seperti yang di dalam video. Atau setidaknya menggunakan mangkuk mixer yang tahan panas.

Tapi, kalau alat penggantinya ada dan cukup memadai ngga masalah kok dicoba. Jangan lupa tonton videonya dulu supaya lebih jelas yah.

Warning: Hati-hatilah saat memasak sirup panas.

Bahan
  • 240 mlair dingin, bagi 2
  • 21 gram gelatin bubuk tawar
  • 400 gram gula pasir
  • 240 ml light corn syrup
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdt vanilla extract
  • 350-460 gram gula bubuk

Cara Membuat
  1. Siapkan loyang kue ukuran 33x23x5cm. Olesi dengan mentega atau cooking spray tipis-tipis dan beri alas kertas roti atau alumunium foil. Taburi dasarnya dengangula halus hingga rata.
  2. Di mangkuk mixer (gunakan yang tahan panas) tuang 120 ml air dingin dan tabur gelatin bubuk. Tidak perlu diaduk, biarkan hingga mengembang, kurang lebih sekitar 15 menit.
  3. Di panci, tuang 120 ml air, gula pasir, corn syrup, dan garam. Gunakan api sedang. Aduk hingga gula larut dan larutan mendidih. Sesuaikan api, tutup panci dan didihkan selama 2 menit.
  4. Gunakan termometer permen dan besarkan sedikit api kompor. Didihkan tanpa diaduk, hingga suhu mencapai 115 derajat celcius, Angkat.
  5. Nyalakan mixer dengan kecepatan rendah. Pelan-pelan tuang sirup panas ke dalam mixer yang sudah berisi gelatin yang sudah mengembang. Hati-hati terkena sirup panas.
  6. Setelah sirup tertuang habis, pelan-pelan naikkan kecepatan mixer ke kecepatan tinggi dan kocok hingga adonan hingga mengembang dan berwarna putih pucat seperti krim. Hampir mirip dengan adonan maringue. 
  7. Matikan mixer. Tambahkan vanilla extract dan kocok lagi sebentar hingga rata.
  8. Tuang adonan ke loyang yang sudah disiapkan sebelumnya. Adonan sangat lengket, jadi usahakan sebisanya supaya adonan rata di loyang.
  9. Taburi atasnya dengan gula bubuk. Biarkan tidak tertutup hingga marshmallow jadi dan mengeras (lembut marshmallow, bukan keras kaku). Biarkan selama kurang lebih 12 jam. 
  10. Potong-potong dan taburi bagian yang lengket dengan gula bubuk. Sajikan.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar