Rabu, 12 Februari 2014

Nigella Kitchen: Pasta Puttanesca dan Resep Lainnya

Pertama kali bener-bener nonton acara masaknya Nigella Lawson itu waktu lagi mampir ke rumah teman. Di sana, puas-puasin deh nonton Forever Summer-nya Nigella. Yang enak dari cara Nigella membawakan acara adalah gayanya yang santai banget, kasual. Seolah-olah masak itu ngga susah dan menyenangkan banget. Di Youtube akhirnya ketemu yang seri Nigella Kitchen yang pertama episode 5. Di episode ini ada 5 resep yang disajikan. Pasta Puttanesca alias Slut's Spaghetti (ups, sorry), Spanish Chicken with Chorizo and Potatoes, Morning After Quesadillas, No-Fuss Fruit Tart, dan Lemony Salmon with Cherry Tomato Couscous.

Pasta Puttanesca (Slut's Spaghetti)

"Facci una puttanata qualsisi (Make any kind of garbage),". Menurut sejarahnya, based on wikipedia sih hehehehe, itu adalah kata-kata yang mengawali lahirnya Pasta Puttanesca. Puttanata berarti sesuatu yang tidak berguna. Sedangkan puttana sendiri berarti "whore" or "slut" in English. Indonesia? Uhuk...WTS...uhuk..

Terlepas dari namanya yang nyeleneh, pasta puttanesca termasuk pasta yang simple...setidaknya buat orang Itali. Bahannya hanya tomat, buah zaitun, capers, bawang putih, dan anchovies (ikan teri jengki). Oh, dan jangan lupa spaghetti buat pastanya. Bahan-bahan yang hampir selalu ada di stok rumah mereka. Anchovies yang dipakai Nigella sepertinya diasinkan basah yah, kalau kita kan kebanyakan diasinkan kering atau tawar, tapi bisa dicoba juga. Rasa pasta puttanesca sendiri cenderung tajam dan asin.

Resep bisa ke: http://www.nigella.com/recipes/view/sluts-spaghetti-5157


Spanish Chicken with Chorizo and Potatoes

Yang satu ini maaf banget, non halal. Chorizo sendiri adalah sosis babi yang dibumbui dengan smoked paprika. Versi halalnya bisa mengganti chorizo dengan sosis yang memiliki tekstur, rasa dan bumbu yang kuat. Artinya, sosis yang bener-bener enak. Walaupun jadi ngga ala Spanyol lagi sih, he3. Soalnya chorizo-nya yang bikin ini jadi Spanish Chicken. Bikin yang banyak, kalau ada sisa dan punya roti tortilla dan keju, besok paginya bisa bikin quesadillas. Nyummy. Inilah versi masak yang tinggal taro-taro-taro-kasih bumbu-masukkin oven-tinggal sampe mateng. He3.

Resep bisa ke: http://www.nigella.com/recipes/view/spanish-chicken-with-chorizo-and-potatoes-5160

No-Fuss Fruit Tart

Mudah, dan yang penting, tidak perlu dipanggang. Cukup sediakan biskuit (Nigella menggunakan digestive biscuit. Kita bisa coba menggunakan biskuit marie atau biskuit gandum), mentega, cream cheese, lemon curd (pakai selai juga bisa dicoba) dan tentu saja buah-buah berry segar. Nigella menggunakan blueberry, blackberry, raspberry, strawberry, dan red currant.

Resep bisa ke: http://www.nigella.com/recipes/view/no-fuss-fruit-tart

Lemony Salmon with Cherry Tomato Couscous

Salmon selalu simple buat dimasak. Pan fried sudah cukup banget kok. Tinggal bumbu-bumbunya bisa beraneka macam. Di resep ini misalnya, bumbunya ada lemon zest (parutan kulit lemon), smoked paprika, dan sedikit garlic oil. Oya, couscous-nya bisa cari di swalayan besar, khususnya yang banyak menjual produk import. Maaf, link resepnya tidak ada, jadi ditonton aja videonya yah ^_^v.

Acaranya asik dan seru banget. Jangan lupa tonton videonya yah. Happy cooking.



Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar