Kamis, 24 Juli 2014

Resep Shabu-Shabu (Hot Pot)

resep shabu-shabu
resep shabu-shabu
Tadinya mau nulis artikel yang lain. Tapi begitu lihat ada yang search blog ini dengan keywoard resep Shabu-Shabu jadinya mari dahulukan resep shabu-shabu duluu ^_^.

Sebenernya shabu-shabu itu gampang banget kok. Intinya adalah sup dan aneka bahan celupannya. Kita udah beberapa kali bikin shabu-shabu dengan berbagai variasi sup dan bahan. Yang esensial biasanya bahan-bahan di bawah ini:

  • kaldu
  • bawang putih
  • bawang bombay
  • aneka baso ikan berbagai rasa
  • gula dan garam
  • jamur enoki atau jamur kuping
  • Sayuran hijau
Untuk sup, sup shabu-shabu bisa apa saja. Kita pernah bikin sup seafood dengan menambahkan udang sebagai kaldu, dikuatkan dengan kaldu ayam dan bawang putih. Pernah juga dengan sup tom yam dengan menambahkan perencah tom yam. Yang paling basic dengan kaldu ayam atau sapi. Kalau vegetarian, sekarang sudah ada kaldu jamur. Jadi bisa pakai kaldu jamur sebagai bahan supnya. Semuanya enak. Supnya sup bening aja. Rasanya tidak perlu terlalu kuat gurihnya, yang penting segar dan enak. Mild saja cukup.

Baso ikan aneka rasa tidak pernah boleh ketinggalan. Kalau misalnya tidak suka, bisa diganti dengan potongan tipis daging sapi. Yang vegetarian bisa diganti dengan tofu atau tahu. 

Jamur enoki jangan sampai ketinggalan. Karena enoki enak banget sebagai bahan shabu-shabu. Kalau tidak ada, pilihan lainnya bisa menggunakan jamur kuping.

Sayuran hijaunya bisa dipilih antara pok choy, caisim, baby kailan atau sawi. Pilih sesuai selera aja yah. Untuk sayuran, kita tidak pernah menggunakan sayuran keras yang lama matangnya seperti wortel. Karena kita selama ini inginnya shabu-shabu itu tinggal cemplung-cemplung dan tidak sampai lima menit sudah bisa dinikmati. 

Bahan tambahan lainnya bisa bihun atau soun, daun bawang, cabai bubuk atau abon cabai untuk pecinta pedas, dan bawang goreng. Bisa juga dinikmati dengan nasi hangat supaya lebih mengenyangkan.

Untuk peralatannya, shabu-shabu tidak lengkap tanpa kompor meja dan panci besar. Jadi semua orang bisa menikmati shabu-shabu yang enak dan panas dengan segera.

Cara menyiapkannya:
  1. Siapkan air kaldunya dulu. Siapkan bahan-bahan lainnya di piring terpisah. Sayuran dicuci bersih dan bahan-bahan yang perlu dipotong-potong bisa dipotong-potong dahulu.
  2. Siapkan kompor meja dan taruh panci sup di atasnya. Panaskan sup dengan api sedang atau kecil saja. Siapkan bahan-bahan lain di sekitarnya.
  3. Saat siap bersantap, masukkan bahan-bahan yang ingin dimakan ke dalam sup. rebus sebentar sampai matang. Nikmati bersama anggota keluarga yang lain.
Note: Bahan-bahan mie seperti bihun atau soun mungkin sebaiknya bisa dimasak atau diseduh terlebih dahulu sebelumnya. Jadi tidak perlu ikut dimasak di kuah kaldu.

Yang mau nyobain shabu-shabu ala orang Jepang bisa juga ikutin resep dari cooking with dog ini


Shabu-shabu pas banget dinikmati pas kumpul ramai-ramai bareng keluarga atau teman-teman. Jadi menu hangat waktu cuaca dingin. Atau bahkan menu praktis sewaktu kemping.

Selamat masaak. 
Jangan lupa yah mampir ke socmed kita ^_^


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar