Kamis, 10 Desember 2009

Lasagna Gulung isi Terong Bakar dan Zuchini dengan Saus Bechamel




Pada dasarnya yang namanya lasagna adalah pasta yang bentuknya seperti lembaran. Karena biasanya lasagna diisi dengan daging, saus tomat, dan keju, kebanyakan orang jadi berpikir bahwa lasagna sudah pasti berupa pasta tumpuk dengan isi daging, saus tomat, dan keju. So, sebetulnya lasagna itu isinya bisa apa saja kok. Nah, resep kali ini juga begitu, isi lasagna yang biasa kita ganti ya dengan terong dan zucchini.






· 6-8 lembaran pasta lasagna
· 2 terong ukuran sedang, kupas kulitnya dan potong dadu
· 2 zucchini, potong dadu
· Minyak sayur atau Extra virgin olive oil
· garam
· 1/2 cup keju parmigiano reggiano cheese,parut (bisa ditemui di supermarket besar. Biasanya sudah dalam keadaan diparut)
· 1/4 cup keju mozzarella, di suir-suir
· 3/4 cup cottage cheese
· 1 cup remah roti/tepung roti
· 2 telur
· 1 cup + 1 sendok makan susu
· 2 sendok makan mentega (butter)
· 2 sendok makan tepung
· 1/2 cup puree labu merah (pumpkin)
· Pala bubuk
Panaskan oven hingga 233 derajat Celcius (450 derajat Fahrenheit). Masak lembaran lasagna sesuai petunjuk, keringkan dan sisihkan.
Sebarkan terong dan zucchini diatas pinggan yang sudah dilapisi alumunium foil. Beri sedikit olive oil dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Panggang sekitar 20-25 menit. Balik satu kali.
Sementara itu, siapkan dua piring makan untuk melapisi lasagna. Di piring pertama, kocok telur dengan 1 sendok makan susu. Di piring kedua, gabungkan ¼ cup permigiano reggiano dengan tepung roti.
Siapkan pinggan untuk memanggang yang lain dan lapisi dengan alumunium foil. Semprotkan dengan cooking spray. Kurangi temperature oven hingga 218 derajat celcius (425 derajat Fahrenheit)
Di dalam mangkuk, campur ¼ cup pemigiano reggiano, mozzarella, dan keju cottage. Aduk rata. Campurkan ke dalamnya, Terong dan Zucchini yang sudah mendingin. Campur rata. Potong lembaran lasagna menjadi setengahnya. Isi tengahnya dengan satu sendok makan isian. Gulung.
Celupkan gulungan lasagna kedalam campuran telur, angkat, dan celupkan ke dalam campuran tepung roti. Tata dengan rapi diatas pinggan panggang. Panggang selama 15-20 menit hingga lasagna gulung berwarna keemasan dan renyah.
Sementara lasagna dipanggang, siapkan sausnya. Panaskan dua sendok makan mentega di dalam panic saus, gunakan api sedang. Setelah mentega meleleh, tambahkan tepung dan aduk hingga merata dan tepung matang. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Panaskan hingga saus mendidih, tetap diaduk. Setelah saus mendidih. Kecilkan api dan campurkan puree labu. Bumbui dengan garam dan pala bubuk.
Sajikan lasagna gulung beserta dengan sausnya.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar