Rabu, 04 Agustus 2010

Sushi: Tipe Sushi

Karena sedang suka banget makan sushi, akibat icip-icip di Sushi Tei beberapa hari yang lalu. Jadi, sekarang sekalian saja bikin artikel seputar sushi ^_^

Sushi adalah makanan khas Jepang yang terdiri atas nasi dan topping seafood mentah/matang dan sayuran. Sushi bisa juga dibentuk menggulung dengan isian seafood dan sayur-sayuran. Ada beberapa tipe sushi:

Nigirizushi


Nigirizushi terdiri atas nasi kepal dengan makanan laut mentah/matang di atasnya.Toping yang biasa digunakan adalah salmon, tuna, udang, belut, atau toping lainnya. Toping sushi bisa juga diikat dengan Nori (rumput laut). Nigirizushi dimakan dengan cara mencelupkan sedikit bagian neta (topping) ke dalam shoyu (kecap asin). Biasanya nigirizushi juga dimakan dengan menggunakan tangan, walaupun juga tidak masalah jika ingin menggunakan sumpit. Makan nigirizuhi dalan satu kali suapan.

Makizushi


Makizushi atau sushi gulung adalah sushi yang digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu persegi panjang). Isi sushi berada di dalam nasi. Ada beberapa jenis  makizushi:


Hosomaki

Sushi gulung yang hanya berisi satu jenis neta (lauk).









Futomaki

Futomaki adalah sushi gulung yang berisi lebih dari satu neta.






Temakizushi

Temakizushi adalah sushi yang digulung sendiri dengan nori dengan neta sesuai pilihan.





Oshizushi

Oshizushi adalah sushi berbentuk persegi panjang, dibuat khusus dengan cara di pres menggunakan oshiboko.

Artikel Terkait



1 komentar: