Selasa, 28 September 2010

Al Dente

Kadang-kadang, dalam memasak pasta kita sering mendengar istilah Al Dente. Apa sih Al Dente maksudnya?

Al Dente itu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan masakan pasta/nasi/kacang yang matang secara cukup dan baik. Memiliki kekerasan yang pas, matang, tapi tidak lembek (over-cooked).

Gampangnya, kalau pasta, pasta yang Al Dente itu pasta yang kekenyalannya terasa, nggak lembek ataupun terlalu keras karena belum matang.


Membuat pasta atau masakan yang al dente perlu sedikit trik. Kalau sudah terbiasa jadi mudah kok. Anda hanya perlu mengetahui titik tengah antara pasta yang under-cooked (belum matang) hingga pasta menjadi terlalu lembek dan kehilangan teksturnya (over-cooked). Kalau nasi, gampangnya, nasinya harus pulen. Pada sayuran atau kacang-kacangan, kondisi al dente berarti sayuran sudah matang, tidak berasa mentah tapi tidak lembek dan kehilangan kerenyahannya. Cobalah dengan latihan membuat sayur kangkung yang masih renyah tapi matang.

Memasak Al Dente pada pasta ada triknya. Cobalah gunakan garam. Garam membantu Anda dalam memasak dan hingga mencapai tekstur al dente yang pas.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar