Senin, 25 Februari 2013

Aneka Bola-Bola Coklat

pic: sxc.hu
Siapa sih yang tidak kenal sama bola-bola coklat? Panganan yummy nan mudah dibuat ini mungkin sudah kita kenal dari kecil. Biasanya, di Indonesia, bola-bola coklat dibuat dengan biskuit marie dan susu kental manis. Dibentuk bola, lalu dilapisi dengan coklat meises. Sebelum disajikan bola-bola dibekukan dulu di lemari es. Disajikan dingin, dan sudah pasti, rasanya bener-bener yummy ^^.

Ternyata bukan Indonesia aja yang ada bola-bola coklat di negara-negara lain juga ada bola-bola coklat dengan versi masing-masing. Ini dia beberapa di antaranya:

Rum Ball
Esensi dan bahan dari Rum Ball sama persis dengan bola-bola coklat versi Indonesia. Bedanya, jelas pada penggunaan rum sebagai salah satu bahannya. Sehingga bola-bola coklat ini mengandung alkohol. Rum Ball populer sebagai hidangan Natal di Inggris, Australia, Kanada, New Zealand, Amerika, Denmark, Austria, Slovenia, Hungaria, dan Republik Ceko. Bahannya bisa bervariasi. Bisa juga menggunakan Cake yang dihancurkan. Lapisan meises kadang bisa diganti dengan kelapa kering, bubuk coklat, ataupun kacang yang sudah dihaluskan. Bisa juga diisi dengan buah atau kacang.


Brigadeiro
Brigadeiro adalah bola-bola coklat khas Brazil. Bedanya dengan bola-bola coklat Indonesia adalah, Brigadeiro hanya menggunakan susu kental manis, mentega, dan bubuk coklat untuk membuatnya. Susu kental manis dipanaskan hingga mengental hingga bisa dibentuk dibiarkan dingin di dalam lemari es, dibentuk bola-bola dan dilapisi dengan coklat meises. Lebih simpel dari segi bahan tapi lebih lama dari proses memasaknya. Beijinho adalah variasi lain dari brigadeiro. Beijinho tidak menggunakan coklat tapi menggunakan kelapa sangrai/kelapa kering sebagai penggantinya.

Chokladboll
Artinya sih bola-bola coklat ^^v. Kali ini versi Swedia. Bahan-bahannya jauh sama bola-bola coklat versi kita. Bahan utamanya: oatmeal, gula, kopi, coklat bubuk, mentega. Dicampur, dibentuk bola dan dilapisi dengan kelapa parut, meises, atau nib sugar (gula pasir yang butirannya lebih besar dan kasar).

Bourbon Ball
Esensinya hampir sama dengan Rum Ball. Bahannya berupa kukis yang dihancurkan, corn syrup, kacang pecan cincang, dan tentu saja bourbon. Bourbon merupakan minuman beralkohol tipe American Whisky yang bahan dasarnya jagung. Bourbon ball bisa dilapisi dengan gula halus atau coklat leleh.

Peanut Butter Ball
Bahan utamanya jelas selai kacang, he3. Peanut butter ball terkenal di negara-negara barat. Dilapisi juga dengan coklat leleh.

Cake Pop
Cake Pop merupakan variasi lain dari bola-bola coklat dengan menggunakan bahan dasar cake yang dihancurkan. dicampur dengan coklat, dibulatkan dan dilapisi dengan lelehan permen coklat warna warni. Bedanya dengan bola-bola coklat lainnya adalah dalam penyajiannya yang menggunakan batang lollipop dan dihias lucu-lucu dan warna warni.

Mungkin masih banyak lagi jenis bola-bola coklat yang lain. Intinya sih bahan dasar apapun, dibulatkan, dibentuk bulat dan mengandung coklat. He3. Mungkin coklat truffle juga bisa termasuk dalam kategori ini yah. ^^

So..selamat makan coklat semua \(^o^)/

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar