Sabtu, 27 Juli 2013

Resep French Macaron

pic: video
Siapa yang ngga kenal dengan kue yang satu ini. Kue yang akhir-akhir ini booming banget, French Macaron! Oya, "o" nya satu aja ya. Kalau "Macaroon" itu hidangan yang berbeda banget, walaupun mirip-mirip. Kalau mau beli, biasanya kita bisa nyari di bakery atau pattisserie yang harganya menengah ke atas. Kalau beli, harganya jelas ngga murah, hahaaa. 1 pack french macaron yang isinya 5-10 pcs bisa diberandol dengan harga 30ribuan sampai ratusan ribu. Gleg banget yah :D

Nah, berhubung surga resep youtube ternyata ada yang berbaik hati membagi resep french macaron, kenapa kita ngga nyoba bikin sendiri? Di bawah ada resep french macaron dari lovelyladycakes jangan lupa ditonton video-nya yah. Simpel kok, dan bahannya kayaknya ada semua juga di Indonesia. Selamat masak yaa :D

Bahan:

  • 3/4 cup Almond powder. Bisa juga dibuat dari almond yang di blender halus dan di ayak hingga halus. Cek video.
  • 1 cup gula halus, ayak.
  • 2 butir putih telur.
  • 4 sdm gula pasir
  • pewarna makanan sesuai selera
  • selai/ganache/butter cream untuk isian

Cara membuat:
  1. Campur almond powder dan gula halus hingga rata. sisihkan.
  2. Siapkan mixer. Kocok hingga berbusa dan mengembang sedikit, kemudian tambahkan gula sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga kaku dan bisa membentuk jambul petruk. Cek video yah.
  3. Campurkan sedikit demi sedikit adonan telur ke dalam campuran almond powder dan gula halus, aduk perlahan-lahan hingga seluruh adonan tercampur rata dan adonan jatuh membentuk pita dan tidak putus-putus. Setelah tercampur rata bisa ditambahkan pewarna makanan jika mau.
  4. Siapkan piping bag dan loyang yang sudah dialasi kertas roti. Semprot adonan macaron, beri jarak yang cukup, dan usahakan ukurannya sama. Bisa juga sebelumnya menyiapkan print cetakan bulat-bulat supaya gampang mencetaknya. 
  5. Biarkan selama kurang lebih 15 menit hingga adonan mengeras dan tidak lengket. Selama menunggu, panaskan oven 325 derajat Fahrenheit ( 170 derajat Celcius). 
  6. Turunkan panas oven menjadi 300 derajat Fahrenheit (150 derajat Celcius) dan panggang macaron selama 8 menit. Putar loyang 180 derajat dan panggang lagi selama 8 menit. Angkat, biarkan dingin lalu pisahkan dari kertas rotinya.
  7. Pilih 2 macaron dengan ukuran yang sama, isi dengan isian sesuai selera, tangkupkan lalu sajikan.
Jangan lupa untuk melihat video-nya yah. Selamat memasak :D

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar