Senin, 16 Agustus 2010

Saffron

Saffron adalah salah satu bumbu masak yang sangat khas. Biasanya digunakan pada masakan Asia seperti masakan India, Arab, atau Turki. Saffron memiliki aroma yang sangat khas, seperti madu dan jerami dengan rasa yang sedikit pahit.


Saffron diambil dari bunga Crocus sativus, yaitu bagian tangkai putik. Bunga saffron hanya memiliki 3 putik. Saffron mengandung zat pewarna crocin yang menjadikan makanan berwarna kuning keemasan. Masakkan yang menggunakan saffron antara lain nasi briyani dan paella.

Penggunaan saffron di Indonesia sangat jarang. Mengingat cukup sulit mendapatkan bumbu ini dan harganya yang mahal. Saffron bisa digantikan dengan kunyit. Saffron asli yang berkualitas sangatlah mahal.Selain itu, pemalsuan saffron juga seringkali terjadi. Cara yang paling umum adalah dengan mencampur saffron dengan umbi bit, serat buah delima, tangkai putik yang berwarna kuning yang tidak beraroma dan berasa, ataupun dengan serat sutra yang diwarnai. Berat saffron pun terkadang ditipu dengan mencelupkan saffron ke dalam madu atau minyak sayur. Saffron bubuk lebih mudah lagi dipalsukan karena bisa dicampurkan dengan kunyit ataupun paprika.


Beli Saffron via Amazon Sekarang



Artikel Terkait



1 komentar:

  1. salam sobat
    baru tahu kalau saffron diambil dari bunga crocus.
    trims kunjungannya ke S.A dan follownya
    saya sudah follow balik
    selamat berpuasa.

    BalasHapus