Jumat, 03 September 2010

Mentega dan Margarin

Banyak orang yang masih bingung membedakan mentega dan margarin. Padahal dua bahan ini berbeda jauh lho. Penggunaannya pun akan memberikan hasil yang berbeda. Resep yang sejatinya menggunakan mentega (butter), tidak akan cocok bila diganti dengan margarin. Begitu juga sebaliknya. (walaupun biasanya yang dari margarin ke mentega malah jadi enak lho, he3). Trus apa sih bedanya? Yuuk liat yuuk:




Mentega (Butter)

Di resep, biasanya mentega ditulis dengan Butter. Kenapa? Sebetulnya supaya kita bisa benar-benar memasak dengan mentega, bukan malah margarin. Mentega adalah produk olahan susu. Mentega dibuat dengan mengolah susu dengan air, garam, dan padatan susu (curd). Selain itu, seperti layaknya susu, mentega kaya akan vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Mentega memiliki cita rasa yang lebih gurih, dan aroma yang tajam. Terakhir, mentega jelas lebih mahal dari margarin. Ho3.

Di pasaran, merk mentega yang terkenal Orchid Butter, Anchor Butter, atau Elle & Vire.

Margarin

Bahan dasar margarin adalah minyak atau lemak nabati. Tambahannya garam, air, susu skim, esens, dan zat ati tengik. Kandungan lemaknya sedikit, rasa lebih tawar dan tidak tajam, dan memiliki kandungan air yang tinggi. Margarin jelas lebih murah. Contoh merk-nya banyak ya dipasaran.

Sudah jelas ya? Jadi gunakanlah Butter/Mentega saat resep menyebutkan demikian dan jangan salah dengan margarin.

Happy Cooking

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar