Jumat, 15 Oktober 2010

Tips & Trik Sarapan Enak

Buru-buru berangkat ke kantor atau ke sekolah, mengeluh selalu sakit perut saat selesai sarapan pagi, sarapan terlalu berat, adalah sedikit dari banyak alasan kenapa kita lebih sering melewatkan waktu sarapan daripada waktu makan lainnya. Padahal, sarapan adalah hal penting untuk dilakukan. Sarapan akan menjaga produktivitas sepanjang hari, menguatkan tubuh, dan menjaga kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Nah ini dia tips dan trik agar sarapan pagi tetap enak dan praktis

Masalah: Habis sarapan selalu mengantuk.
Penyebab: Orang Indonesia terbiasa sarapan dengan nasi atau makanan dengan karbohidrat banyak. Karbohidrat yang berlebihan justru akan membuat orang menjadi mengantuk.
Solusi: Kalau punya masalah dengan kantuk, jangan biasakan makan makanan berat dan kaya karbohidrat saat sarapan. Sarapan dengan roti berprotein tinggi jauh lebih baik. Secangkir kopi atau teh dengan lemon akan menyegarkan hari Anda.



Masalah: Sibuuk. Tidak sempat menyiapkan atau makan sarapan.
Penyebab: Bangun pagi terlambat. Semua serba terburu-buru.
Solusi: Siapkan sarapan praktis. Roti, keju singles, sereal gandum, oatmeal instan, buah, atau bubur instan bisa jadi pilihan. Jangan lupakan segelas susu.

Masalah: Anak saya tidak suka sarapan.
Penyebab: Anak-anak makan tidak hanya karena rasa masakan yang enak tapi juga penampilannya yang menarik.
Solusi: Buatlah sarapan yang lebih menyerupai snack tapi tetap kaya gizi. Aneka olahan french toast yang disajikan dalam ukuran sekali suap bisa menjadi pilihan.

Masalah: Takut Gemuk
Penyebab: Diet.
Solusi: Tidak sarapan atau melewatkan waktu makan justru akan membuat kita jadi makan berlebihan pada jam makan berikutnya. Sarapanlah dengan sarapan rendah kalori tapi tetap dengan gizi seimbang. Hindari karbohidrat berlebihan dan tambahkan asupan protein dan serat.

Masalah: Sakit perut setelah sarapan.
Penyebab: kondisi ini dikenal dengan "gastrokolik". Saat tidur, pencernaan tetap bekerja dan pada pagi hari "sampah sampingan" dari makanan yang kita makan sudah harus dibuang.
Solusi: Setiap bangun pagi awali segera dengan air putih hangat atau susu hangat untuk merangsang pencernaan bekerja sebelum sarapan.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar