Sabtu, 11 Februari 2012

Tips Memasak: Cara Menyimpan Daun Aromatik (Herbs)


Tips memasak kali ini seputar penyimpanan bumbu-bumbu dapur berupa daun aromatik. Nama kerennya herbs. Biasanya kalau orang Indonesia herbs berupa daun kemangi, daun salam, dan berbagai bumbu daun yang wangi. Orang barat biasanya banyak menggunakan basil, oregano, tarragon, thyme, dan aneka herbs lainnya.

Kalau membeli daun aromatik yang sudah kering atau bubuk mungkin penyimpanannya cukup mudah. Cukup letakkan di tempat kering dan tertutup maka kesegaran bahan akan terjaga dengan baik. Tapi jika Anda lebih suka membeli daun aromatik segar maka tips memasak kali ini bisa menjadi salah satu alternatif Anda dalam menyimpan dan mengolah aneka daun aromatik yang sudah Anda beli.



Pengeringan
Cuci bersih daun aromatik dan keringkan sambil di tepuk-tepuk dengan kain bersih. Biarkan kering di suhu ruang. Ikat daun dan gantung secara terbalik hingga mengering secara alami. Bisa juga meletakkan kantung kertas di sekelilingnya agar daun-daun kering jatuh ke kantung kertas.




Pembekuan
Bersihkan dan keringkan sambil ditepuk-tepuk dengan kain bersih. Biarkan kering. Letakkan di dalam wadah dan bekukan semalaman di dalam freezer. Ambil dan simpan di dalam kantung makanan, beri label, dan simpan kembali di dalam freezer hingga dibutuhkan.



Mentega bumbu
Mencampurkan mentega dengan daun aromatik. Mentega bisa jadi lebih enak dan dapat digunakan untuk berbagai bumbu masakan dengan rasa yang unik dan enak. Untuk membuat mentega bumbu, haluskan mentega pada suhu ruang di atas plastik makanan atau wadah. Haluskan daun aromatik yang akan digunakan. Campur dan aduk rata daun dengan bumbu. Bungkus rapat dengan plastik makanan. Beri label. Bekukan.





Artikel Terkait



2 komentar:

  1. Selamat siang, saya leo di jakarta! mau...tanya dimana saya bisa membeli daun herbs ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak, daun herbsnya bisa dibeli di berbagai supermarket di Jakarta yang menjual herbs import segar. Di carrefour juga sudah ada, atau di farmer's market, kemchick, dan supermarket lain yang sejenis. :)

      Hapus