Minggu, 25 Agustus 2013

Resep Puding Karamel (Custard Pudding)

pic: video
Siapa yang ngga jatuh cinta sama puding yang satu ini? Kita sendiri cinta banget sama puding yang satu ini. Pudingnya lembut banget dengan rasa manis-manis pahit dari karamelnya. Bener-bener kombinasi yang pas banget.

Si puding karamel ini punya banyak nama lho. Di Jepang, mereka lebih dikenal dengan sebutan custard pudding. Di negara lain dikenal dengan sebutan flan, atau creme caramel. Walaupun di beberapa negara, seperti Inggris, flan merujuk pada kue tart yang berisi adonan custard.

Puding karamel ini sebenarnya kebalikannya dari creme brulee. Kalau creme brulee, karamelnya keras dan disajikan di dalam cetakannya. Puding karamel, karamelnya lembut dan sebelum disajikan dikeluarkan dulu dari cetakannya.

Buat yang mau nyobain masak puding karamel sendiri di rumah, ini ada video resep dari cookingwithdog. Selamat masak yaa...

WARNING: HATI-HATI SAAT MEMASAK KARAMEL KARENA KARAMEL SANGAT PANAS SEKALI.

Bahan:
Karamel

  • 4 sdm gula
  • 1 sdm air
  • 1 1/2 - 2 sdm air panas


Adonan telur

  • 2 butir telur
  • 250 ml susu
  • 5 sdm gula


  • Cetakan puding dari keramik ukuran 130 ml
  • Unsalted butter (mentega yang "unsalted")


Cara Membuat

  1. Lapisi cetakan puding dengan unsalted butter, sisihkan.
  2. Di panci, masak gula dan air. Jangan diaduk, biarkan gula larut perlahan-lahan hingga mulai berubah warna. Goyang-goyang pancinya agar warna karamel merata. Masak sambil terus menggoyang panci hingga warna karamel cokelat gelap. Cek video yah.
  3. Segera tambahkan air panas sedikit demi sedikit dengan sendok sayur sambil menggoyang panci agar air tercampur rata. Jaga jarak agar tidak terciprat karamel panas. Tuang rata ke dalam cetakan puding. Sisihkan.
  4. Kocok lepas telur di dalam wadah. Usahakan tidak menimbulkan terlalu banyak buih.
  5. Panaskan susu dan gula hingga gula larut (jangan sampai mendidih, cukup sampai gula larut saja).
  6. Sambil diaduk, tambahkan susu perlahan-lahan ke dalam kocokan telur. Saring adonan agar bersih, hilangkan juga buihnya kalau perlu.
  7. Tuang adonan rata ke dalam cetakan puding. Tutup masing-masing cetakan dengan alumunium foil, lalu kukus adonan dengan api kecil (jaga agar air tidak mendidih) selama 18-20 menit.
  8. Biarkan puding dingin di suhu ruang, kemudian simpan di kulkas. Keluarkan dari cetakannya sebelum disajikan.


Jangan lupa yah mampir ke socmed kita ^_^
FB Page: www.facebook.com/resepdunia
Twitter: twitter.com/resepdunia

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar