Minggu, 17 November 2013

Resep Simple Syrup – Sirup Khas Mediterania (Atir)

pic: video
Bikin sirup itu simple banget kok, bahan-bahannya juga sedikit. Tinggal tuang sirup kasih air dan es batu terus aduk-aduk... Eh bukan yang itu.... Maksudnya bikin sirup kentalnya. Wqwqwq.

Sirup yang satu ini namanya Atir/Atyr, atau lebih dikenal juga dengan sebutan simple syrup. Sirup ini khas banget dengan dipakainya bahan air mawar dan air bunga orange blossom yang sering dipakai di resep-resep pencuci mulut khas mediterania. Sirup ini bisa dipakai untuk banyak pencuci mulut dan kue. Bisa untuk baklava, atayev, atau aneka pencuci mulut lain. Sirup ini fungsinya biasanya untuk menggantikan madu. Kalau-kalau misalnya madu tidak tersdia di rumah. Sirup ini juga bisa dicoba sebagai pengganti light corn syrup di resep marshmallow, kalau-kalau kita tidak menemukan light corn syrup di toko terdekat. Bahan-bahan aslinya bisa di cek di web dedemed.com yah. Jangan lupa cek video dari dedemed di  bawah ini supaya lebih jelas cara pembuatannya.

Bahan

  • 2 cup gula pasir
  • 1 cup air
  • ½ jeruk lemon, peras
  • 1 sdm air orange blossom
  • 1 sdm air mawar


Cara membuat

  1. Di panci campur gula, air, dan perasan jeruk lemon.
  2. Panaskan dengan api sedang dan biarkan mendidih sedikit (simmer) di api sedang selama 10 menit. Perhatian: sirup harus tetap berwarna cemerlang, jangan sampai kecoklatan. Kalau kecoklatan berarti terlalu lama di kompor dan sirup menjadi karamel. 
  3. Tambahkan air orange blossom dan air mawar dan didihkan lagi sebentar
  4. Angkat dan biarkan dingin

Sirup bisa disimpan hingga 2 bulan di wadah tertutup dan disimpan di kulkas. Untuk resep air mawar bisa lihat di posting Resep Air Mawar. Tapi, kalaupun air mawar  dan orange blossom tidak tersedia, step ini bisa di skip aja kok. Air mawar akan memberikan rasa yang unik ke sirup.

Lamanya sirup dipanaskan bisa tergantung banget sama kompor masing-masing. Yang kompornya bagus dan cepat panas mungkin hanya butuh waktu sebentar untuk memasak sirup. Kalau misalnya gagal dan overcook jadi karamel, sirupnya jangan dibuang yah, masih enak kok dan tetap bisa dipakai untuk aneka kue dengan rasa caramel yang khas. Taruh di stoples kaca, kalau mengeras tinggal rendam stoples kaca di air panas sampai caramel cair kembali. Yummm. Happy cooking.

Artikel Terkait



1 komentar:

  1. ass.. mau tanyak nih
    knp kog di kasik jeruk lemon?
    apa gak ngerusak rasa manis simple sirup?

    BalasHapus